Selasa, 24 Juli 2012

Arti Kaligrafi

KALIGRAFI dalam bahasa Yunani, memiliki arti “keindahan” dan “menulis”. Lain halnya dalam bahasa Jepang artinya Nihongo, yang mempunyai arti seni menulis dengan indah yang menggunakan pena sebagai hiasan. Di dalam seni rupa Islam, seni tulisan arab sangat sering dibuat kaligrafi. Isinya disadur dari ayat-ayat Al-Qur`an. Bentuknya sangat bermacam-macam, tidak selalu pena di atas kertas, tetapi sering juga ditatahkan di atas logam, kulit, batu, dan lain-lain. Saat ini tidak hanya dikhususkan untuk keperluan hiasan tempat ibadah, 
Kata kaligrafi berasal dari bahasa Yunani. καλλι (kallos) berarti indah dan γραφος (graphẽ) yang artinya tulisan. Menurut wikipedia, kaligrafi adalah seni menulis indah dengan pena sebagai hiasan. Artinya, kaligrafi merupakan tulisan indah yang dihasilkan oleh tangan.
 
Kaligrafi dalam bahasa kita sering diasosiasikan terhadap tulisan Arab. Padahal tidak. Semua tulisan tangan yang indah bisa disebut dengan kaligrafi. Mungkin karena bahasa indonesia yang tidak mempunyai keaksaraan yang kuat, sehingga tulisan indah dalam bahasa Indonesia hampir tidak ada (tulisan memang ada, tetapi tidak mementingkan unsur keindahan aksara).

Semenjak ditemukan kertas sebagai media, kaligrafi berkembang pesat. Di Tiongkok misalnya, budaya menulis kaligrafi menjadi sebagai ciri khas para terpelajar. Begitu juga di Jepang dan Eropa. Kaligrafi mengiringi kecermelangan ilmu pengetahuan saat itu. Dengan bermodalkan sebuah kwas dan tinta, para sarjana di Tiongkok menorehkan puisi ke selembar kertas. Catatan-catatan penting di zaman Renaissance juga ditorehkan di dalam sebuah buku.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar